1. Kompetensi membedakan pengertian tata krama, sopan santun dan rasa malu dengan benar., mempresentasikan paparan tentang gambaran kejadian hari Akhir disertai dalil naqlinya dengan baik, menerjemahkan makna kata ( munfarid ) Q.S Az-Zumar (39 ); Q.S AN-nAJM ( 53 ); 39-42; dan Al-Imran (3):159 dengan jelas, menjelaskan pengertian haji dan umrah dengan benar., menjelaskan pengertian iman kepada hari Akhir dengan benar., menjelaskan sejarah masuknya islam di nusantara dengan benar. telah tercapai, Perlu peningkatan dalam menjelaskan pengertian optimis, ikhtiar dan tawakal dengan jelas
2. Kompetensi melakukan dan membuat proyek kewarganegaraanyang berkaitan dengan pancasila, memahami dinamika perwujudan kedaulatan negara republik indonesia, memahami hakikat kedaulatan, Memahami Makna alinea pembukaan undang-undang dasar negara pepublik indonesia 1945 , menjelaskan pelaksanaan kedaulatan di Negara republik indonesia, menjelaskan perkembangan sistem pemerintahan di indonesia dan lembaga-lembaga negara telah tercapai, Perlu peningkatan dalam menjelaskan prinsip kedaulatan negara republik indonesia tahun1945
3. Kompetensi Mengidentifikasi isi informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan, Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan , Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian) , Menjelaskan isi informasi laporan percobaan, Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan, Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan telah tercapai,Perlu peningkatan dalam Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
4. Kompetensi Membacakan dengan suara lantang, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar teks terkait resep makanan/ minuman dan manual , Menganalisis struktur kalimat yang menyebutkan langkah kerja, Menganalisis struktur nomina yang digunakan untuk menyebutkan benda-benda, Mengidentifikasi ungkapan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dari teks yang dibaca, Mengucapkan ulang setiap kata dari beberapa teks resep makanan/ minuman dengan ucapan dan tekanan kata yang benar, Menyalin resep makanan/minuman dari buku resep dengan ditulis tangan dan kemudian ditempel di dinding kelas atau majalah dinding telah tercapai, Perlu peningkatan dalam Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual , Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
5. Kompetensi Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik , siswa dapat Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat, Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat, Memahami bilangan bentuk akar, Memahami cara menentukan nilai perpangkatan, Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku) , siswa mampu Mengidentifikasi hasil jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, siswa mampu Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan, Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama, Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat, Mengidentifikasi perpangkatan pada perkalian bilangan Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama, Menyederhanakan operasi pada perpangkatan, siswa mampu menjelaskan dan Mengidentifikasi masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) , siswa mampu Merasionalkan bentuk akar telah tercapai, Perlu peningkatan dalam Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat Mengidentifikasi karakteristik persamaan kuadrat berdasarkan akar-akarnya. Misal: dua akar berbeda, satu akar tunggal, tidak memiliki akar real
6. Kompetensi Peserta didik dapat Memahami konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat, Peserta didik dapat Memahami struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetik dengan tepat, Peserta didik dapat Menganalisis sistem perkembangbiakan pada hewan dan penerapan teknologi pada sistem reproduksi hewan dengan tepat, Peserta didik dapat Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dengan tepat, Peserta didik dapat menganalisis sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi dengan tepat, Peserta didik dapat Menjelaskan berbagai sumber energi listrik alternatif ramah lingkungan dengan tepat telah tercapai, Perlu peningkatan dalam Peserta didik dapat Menjelaskan hukum pewarisan sifat dan konsep pewarisan sifat pada manusia serta kelaian sifat yang menurun dengan tepat
7. Kompetensi membuat peta pembagian kawasan benua australia, menganalisis jenis iklim di negara jepang, amerika serikat, inggris, australia, dan mesir berdasarkan letak lintang , menganalisis pembagian region benua asia dan benua lainnya, menganalisis pengaruh keadaan alam terhadap perekonomian negara jepang, amerika serikat, inggris, australia, dan mesir, menganalisis pengaruh letak astronomis dan letak geografis
8. Kompetensi melakukan teknik akhiran kayang pada latihan kelenturandan sikap lilin pada latihan keseimbangan dengan mengunakan sistem circuit tranning dengan benar, Memahami kombinasi awalan, tumpuan, melayang di udara, dan mendarat, Memahami tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain, Mempraktikkan kombinasi gerak spesifik senam lantai (guling ke depan dengan guling ke belakang; guling ke depan dengan guling lenting; guling ke belakang dengan lenting lenting), Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan, dan kelenturan); dan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) telah tercapai, Perlu peningkatan dalam Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepakbola (menendang/mengumpan dan menghentikan; menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring, menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasara; melempar bola ke dalam dan menyundul bola)
9. Kompetensi Membedakan kegiatan menggambar dengan seni lukis, Membuat lukisan dengan konsep dan prosedur karya seni lukis serta menggunakan beragam media dan teknik dengan baik dan benar, Menampilkan hasil pengolahan melod lagu secara solo/tunggal di depan kelas , Mengidentifikasi pengembangan (arransemen) lagu untuk kelompok vokal dari tayangan audiovisual/rekaman audio/pertunjukan langsung., Menjelaskan pengertian seni lukis dengan baik dan benar, Menjelaskan pengertian seni patung dengan baik dan benar,Menganalisis konsep patung dengan baik dan benar , Merumuskan cara atau teknik mengembangkan melodi lagu untuk vokal solo/tunggal telah tercapai
10. Kompetensi peserta didik mampu membuat produk kerajinan bahan keras alami dengan mengikuti persyaratan perancangan produk kerajinan dan sesuai prosedur., peserta didik mampu mengamati produk kemasan yang cocok untuk produk kerajinan., peserta didik mampu mengidentifikasi karakter bahan keras alami., peserta didik mampu menjelaskan pengertian bahan keras buatan dan asal bahan keras buatan, jenis, dan karakteristik bahan keras buatan., peserta didik mampu menjelaskan proses dan teknik pembuatan kerajinan limbah bahan keras buatan. telah tercapai, Perlu peningkatan dalam peserta didik mampu mendiskusikan bahan keras buatan., peserta didik mampu mendiskusikan prinsip bahan keras alam